4 Kebiasaan Sederhana untuk Menjaga Kelembapan Kulit

Kulit yang sehat adalah dambaan semua orang. Bukan saja bagi kaum perempuan, kaum laki-laki pun seharusnya memperhatikan kesehatan kulitnya. Kulit yang tidak sehat banyak menimbulkan berbagai masalah, di antaranya menimbulkan jerawat, komedo, flek hitam dan lain sebagainya yang mungkin mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Salah satu cara agar kulit tetap sehat adalah dengan menjaga kelembapan kulit, baik itu kulit wajah ataupun lainnya. Karena kebanyakan, awal dari timbulnya berbagai masalah kulit wajah adalah kurangnya kelembapan kulit atau kulit yang terlalu lembab.

menjaga kelembapan kulit

Ada banyak hal yang mempengaruhi kelembapan kulit seseorang dan masalahnya pun berbeda-beda tergantung jenis kulit. Misalnya, kulit terlalu kering atau berminyak biasanya diakibatkan paparan sinar matahari, kekurangan cairan, penggunaan produk yang tidak cocok, kurangnya memakan makanan sehat, terlalu sering mencuci wajah, dan paparan polusi tiap harinya.

Menghilangkan masalah kulit, khususnya wajah sebenarnya tidak cukup bila hanya diobati tanpa melakukan perawatan rutin. Bagi Anda yang memang mendambakan kulit sehat, ada baiknya Anda juga menerapkan kebiasan-kebiasaan sehat berikut ini:

  1. Minum Air Putih

minum air putih

Air sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit Anda karena air yang Anda minum dengan jumlah yang dibutuhkan tubuh, akan memberikan cairan untuk sel-sel kulit, mengisi ulang jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas. Dari kebiasaan minum air putih, akan membantu menunda munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerut halus dan keriput. Maka dari itu, agar kulit Anda terus terjaga kelembapannya, minumlah air minimal 8 gelas atau 2 liter per harinya.

  1. Olahraga Teratur

olahraga teraturKebiasaan yang perlu dimulai saat ini adalah berolah raga. Manfaat olahraga bukan hanya untuk kebugaran tubuh lho, karena olah raga juga dapat menjaga kesehatan kulit wajah Anda. Kok bisa? Karena keringat yang keluar ketika Anda sedang berolahraga itu berbeda. Keringat yang keluar dari pori-pori kulit akan membantu mendorong kotoran-kotoran yang selama ini terkunci di dalam pori-pori. Sehingga pori-pori kulit wajah Anda terbebas dari kotoran dan membuat kelembapan kulit semakin terjaga.

Namung ingat, jika Anda telah selesai berolahraga sampai menghasilkan keringat. Setelah suhu badan turun ke suhu normal, segeralah mandi agar kotoran yang sudah keluar dari pori-pori tidak lagi menumpuk di kulit Anda.

 

  1. Tidak merokok

Menghilangkan kebiasaan rokok sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit. Rokok bukan saja berbahaya bagi organ dalam tubuh manusia, tapi juga berbahaya bagi kulit bila kulit terpapar asap rokok setiap hari.

Rokok juga dapat mempercepat timbulnya keriput serta memperjelas keriput yang sudah ada. Hal ini karena bahan kimia dalam rokok mempengaruhi elastisitas kulit dan gerakan berulang di bibir saat menghisap rokok akan menciptakan kerutan di sekitar mulut dan hidung. Merokok juga dapat membuat kulit wajah Anda kering karena selalu terpapar asap panas dari rokok.

 

  1. Hindari Stress

hindari stressRasa bahagia dan bebas dari stress perlu dibiasakan sejak sekarang. Karena ketika Anda merasakan stress, tubuh dengan sendirinya akan menghasilkan lebih banyak hormon kortisol. Hormon ini akan memberitahu kelenjar minyak agar memproduksi minyak lebih banyak lagi sehingga bisa menimbulkan masalah kulit seperti jerawat, komedo dan lainnya.  Selain jerawat, hormon kortisol juga diketahui dapat memecah kolagen di kulit tubuh. Kolagen ini penting untuk elastisitas kulit. Ketika kolagen rusak, keriput akan mulai terbentuk di kulit khususnya kulit wajah Anda.

 

Kebiasaan-kebiasaan di atas bisa dilakukan setiap hari di mana saja. Namun, manfaat yang bisa didapat sungguh luar biasa. Yuk, kita mulai menjaga kelembapan kulit dengan kebiasaan-kebiasaan tersebut.